Ubuntu 8.10 di Acer Aspire 2930z, pasangan yang pas.

Cuma ingin cerita, kemarin saya instal Ubuntu 8.10 di Acer Aspire 2930z milik kakak. Metode instalasinya pakai USB Flash Disk hasil Create a startup usb dari Ubuntu di Laptop saya. Caranya tinggal menyisakan space sekitar 700 MB di Flash Disknya. Kemudian klik-klik, selesai. Manfaatnya pakai cara ini, kita tidak perlu lagi menge-burn iso Ubuntu-nya, dan proses instalasinya juga bakal lebih cepat karena menggunakan Flash Disk.

Persiapan sudah siap, tinggal atur BIOS agar boot ke USB, dan proses instalasi pun dimulai. Proses instalasinya masih sama seperti Ubuntu yang dulu-dulu. Cuma tampilan pas di bagian partisinya yang lebih manis.

Setelah proses instalasi selesai, reboot, dan lihat bagaimana Ubuntu 8.10 di Acer Aspire 2930z ini.

Eng Ing Eng.

Ternyata semua driver terdeteksi dengan baik. Baik suara, vga, wifi, bluetoth, dan webcam dapat berjalan dengan baik dan sampai saat ini belum ada masalah. Vga Intel GMA 4500M dan Chipset Wifi Atheros dapat berjalan dengan baik. Tapi tombol switch wifi-nya ga berfungsi. Tapi ya sudahlah, yang penting bisa berjalan dengan baik. Oya, pengatur volume suara juga berfungsi dengan baik. Compiz Fusion juga tinggal di aktifkan saja.

Sekarang, tinggal meracuni si Kakak saja agar mau belajar pakai Ubuntu. Daripada dia mulai belajar dengan OS Vista. hehehe

Sebenarnya si laptop udah terinstal Vista (Bajakan). Menderita sekali pas instalasinya. Banyak sekali hardware yang belum terdeteksi. Driver di CD bawaan juga banyak yang tidak berfungsi. Alhasil mesti cari-cari lagi.

Tapi, memang rasanya Acer Aspire ini memang klop sama Ubuntu 8.10. Semuanya berjalan dengan baik. Terasa ringan, tidak seperti di Vista yang rasanya lambat.

Well, kira-kira laptop ini mau diapain lagi ya. hehehe

23 Tanggapan to “Ubuntu 8.10 di Acer Aspire 2930z, pasangan yang pas.”

  1. giaT Says:

    nul …
    install lh ubuntu di hp-500 ku ….
    di aspire kau install kan ….

  2. didit Says:

    Bos, saya bisa minta di copy CD kan Ubuntu-nya? kalo bisa minta tolong sent dengan pos 1 cd saja ke tempatku bisa? ntar aku ganti deh kalo ada biayanya.

    email aku/YM aku ya angedeprincesse

  3. didit Says:

    bos, bisa minta copy CD nya Ubuntu? Laptop ku sama persis tipenya dengan mu acer aspire 2930z, dulunya diinstal; linus linux, tapi mau ku ubah ke ubuntu nggak bisa karena versinya 8.04.
    kalo bisa tolong kirim ke tempat ku ya, ntar aku ganti
    lewat email ya kontak.
    thenk kiu so mat
    didit 08123179119

  4. ainulhizri Says:

    Mas didit tinggal dimana ya?

  5. feardha Says:

    Aku pake MandrivaOne 2009 KDE di hardware yang sama. Semua kedetek juga, works well. Haha byebye Vista. Mari kita perangi Windows..

  6. atrix Says:

    yup, q dapet kiriman ubuntu 8.10 dr canonical (cd instalasi aslinya_ ya memang nunggu 2 minggu sih, tp lmyn lancar dan detek semua driver di acer travelmate q. jd skrg ada dual boot utk XP dan Ubuntu😉

  7. ainulhizri Says:

    @ferdha
    Kayaknya emang laptop berbasis Interl memang lebih gampang ke detect Linux, kalo AMD+ATI agak lebih ribet, pake Nvidia apalagi =)

    @atrix
    2 minggu ?? Saya udah nunggu lebih dari 6 minggu kok ga nyampe-nyampe ya =(

  8. kratindeng Says:

    Kang…hebat yah ubuntu, tapi mo tanya nich…MODEM ke-deteksi nggak yah?

  9. marcel Says:

    saya lagi cari notebook yg pas diinslall ubuntu,, eh nemu bacaan ney, pas dch klo gitu hehe…

    tapi notebook temen saya, vendornya Dell, sering hang pake ubuntu 8.10.

    saya mau install ubuntu 8.10 versi desktop bwt keperluan manajemen jaringan, kira2 cocok ga tch??

    • ainulhizri Says:

      Sering hang? Memang sering begitu Mas. Malah ada yang ga bisa diinstal sama sekali =(

      Kalau mau lihat daftar harware yang sudah pernah di test pakai Ubuntu, bisa dilihat di situsnya Ubuntu dan ubuntu-id di sini dan di sini

      Cocok aja sih Mas, tinggal nanti mas instal saja aplikasi untuk manajemennya, ada banyak aplikasi manajemen termasuk manajemen jaringan di Ubuntu =)

  10. mangsholeh Says:

    ubuntu tuh open source ya??apa sama ama linux??maaf saya agak burem neh..
    saya baru beli 2930z nih…tapi dah saya install vista bajakan.hehe..penasaran juga nih ma ubuntu..ayo donk racunin saya!!!
    saya dah iunstall semua driver yg ada di cd nya, kira2 cara ngetest smua kompponen di dalemnya jalan apa kagak gmn caranya??
    bales nya di blog saya yah…sekalian nengokin gitu..thx

  11. ridwan Says:

    2930Zq q install vista ultimate…tp koq di informasi system vistanya di kontrol panel kluar 30 days to activate…it ap c??
    kan dah ad serial numbernya wktu nginstall…

    trus,WiFi n empowering technologynya g k detect…gmn tuh??

    bles cepet y??thx

    • ainulhizri Says:

      Itu berarti belum diaktivasi. Coba cari software aktivasinya di google. Serial number sama activation beda.

      Belum pas kali driver wifi-nya. Saya pakai WLAN_Atheros_XB91_XB63_v7.6.0.172_Vistax32x64.
      Kalau empoveringnya kan harus diinstal dulu aplikasinya, udah diinstal belum?

  12. irfan Says:

    umpama nie ya, dari kemarin saya oprek laptop saya acer 2920z make ubuntu 8.10 cuma isa pake kabel, g isa pake wifii katanya driver not deteckted kira2 isa bantu g ya , driver atheros 802.11 and uda tak install ndiswrapper gagal mulu, isa bantu g,,,

    • ainulhizri Says:

      Masa sih mas, di laptop saya langsung greengg kok. Cuma lampu indikatornya aja yg ga idup. Coba swicth (tombol) wifi-nya diidupin pas Ubuntunya boot. Kalau ga detect juga, coba restart lagi terus tekan lagi tombol switchnya pas boot. Kalau ga detect juga, coba install ndiswrapper yg .deb punya Ubuntu.

      Ndiswrappernya udah terinstal atau belum?

  13. marcel Says:

    mas,, gmn cara aktifin webcam dan fitur2 yg lain??
    saya dah install ubuntu 8.10 di notebook yg sama

  14. anggun Says:

    mas saia pemula neh, rencana migrasi ke ubuntu, pake notebook yg sama 2920z, udah instal ubuntu 8.10 tapi blm tau gimana cara aktifin webcam nya.. bisa jelasin gmn caranya? oiya rasanya wifinya kok lebih lambat daripada ketika saia pake win xp ya? mohon pencerahannya, makasih….

    • ainulhizri Says:

      Coba pakai Aplikasi Cheese. Cara installnya dari menu Application>Add/Remove. Ketik cheese di bagian Searchnya , terus centang dan pilih Apply. Ingat, untuk bisa menginstal Anda harus terkoneksi ke Internet atau telah memiliki Repository Ubuntu 8.10.

      Lebih lambat bagaimana ya? Lambat untuk terkoneksi ke jaringan Wifinya atau koneksi Internetnya? Di laptop saya proses koneksi laptop ke Wifinya ga lambat, normal-normal saja.

  15. Ace Says:

    Mas, saya juga pakai acer 2930z dan Ubuntu 8.10
    Cara aktivasi Webcam-nya gimana??

    Tq n’ salam knal…
    #_#V

  16. sephiroth Says:

    saya punya laptop tp buatan a*note dengan vga sis 662…
    pake ubuntu 8.10 juga. cuman kenapa ya grafiknya cuma mentok di 800×600??selain itu tiap tampilan awal pasti grafiknya kacau en harus setting dulu kalo mau pake. kecuali pake resolusi yang 640×480. en saya juga udah mentok cari driver vganya. mohon pencerahannya


Tinggalkan Balasan

