Curhat sensasi IM2 Broom Unlimited di 6120c, kok gitu ya.

Sebelumnya saya menggunakan Speedy Personal 1 Giga untuk pemakaian Internet di rumah, walaupun 98 % yang menggunakan cuma saya seorang. Kakak cuma kadang-kadang saja pakai kalo lagi ingin main Friendster atau mau lihat-lihat sepatu. Saya sudah berlangganan Speedy cukup lama, kalau tidak salah sudah satu tahun. Namun belakangan ini rasanya quota 1 Giga itu sangat kurang sekali. Tidak tahu kenapa rasanya cepat sekali saya menghabiskan quotanya. Mungkin karena Internet di kampus semakin melambat akhirnya saya jadi lebih banyak mengunduh di rumah. hehe

Akhirnya saya mengambil keputusan untuk berhenti berlangganan Speedy, karena beberapa bulan terakhir selalu membayar kelebihan quota, lagipula biaya 200rb untuk pemakaian 1 Giga rasanya terlalu mahal untuk kondisi sekarang.

Setelah hunting dan menimbang akan menggunakan ISP apa untuk koneksi Internet di rumah, akhirnya pilihan jatuh pada IM2 Broom yang Unlimited. Dengan biaya Rp 100.000 perbulan dengan kecepatan up to 256 kbps rasanya cukup lumayan lah. Yang penting dicoba dulu saja, kan tidak terikat kontrak atau apapun kalau pakai Broom, karena Broom prepaid atau prabayar. Kalau mau pakai lagi tinggal beli voucher saja, kalau tidak mau lagi ya tinggal berhenti saja.

Pilihan jatuh kepada Broom karena Telkomsel Flash Unlimited sudah tidak disediakan lagi oleh Telkomsel. Padahal tertarik juga dengan paket Unlimited tanpa modem dengan kecepatan up to 256 kbps dengan tagihan Rp 125.000 perbulan belum termasuk pajak. ISP yang lain yang cukup murah adalah IM2 Postpaid Unlimited up to 384 kbps dengan biaya Rp 160.000 perbulan belum termasuk pajak. Padahal sebenarnya pilihan saya lebih berat ke Telkomsel Flash, karena jaringan Telkomsel jauh lebih baik di sekitar rumah saya walaupun belum 3G, untuk kondisi jaringan Indosat di sekitar rumah lumayan jelek, kadang sampai sinyalnya hilang timbul. Mudah-mudahan saja ke depannya Indosat mau menambah tower dan menyediakan area 3G di sekitar rumah, begitu juga dengan Telkomsel. Amin.

Akhirnya kemarin malam saya membeli starter pack IM2 Broom. Walaupun sempat salah, dikasih si penjaga tokonya paket yang Classic padahal saya mencari yang Unlimited. Hal ini bisa terjadi karena starter pack yang beli sudah diaktivasi oleh toko tempat saya membeli. Pemilihan paket Broom Classic atau yang Unlimited bisa dilakukan pada saat aktivasi pertama kali IM2 Broom-nya. Untung saja penjaga tokonya bisa menukar starter pack yang sudah saya beli. Karena mereka juga tidak memberitahukan saya bahwa starter pack yang sudah saya beli telah diatur untuk paket Classic. Saran saya, kalau Anda ingin membeli starter pack Broom pilih saja yang belum diaktivasi, atau tanyakan dengan jelas starter pack yang anda beli apakah sudah diset Classic atau Unlimited apabila sudah di aktivasi.

Sekarang masalahnya tinggal modem 3G ataupun HSDPA dan sinyal jaringannya saja. Sementara ini saya menggunakan Nokia 6120classic sebagai modem 3G untuk Broom yang saya gunakan. Sambil tiduran di kamar, setelah sim card Broom saya masukkan ke Handphone kemudian dikoneksikan ke Ubuntu di Laptop dengan menggunakan kabel, atur koneksi, kemudian dial, Alhamdulilah pertama kali coba langsung terhubung. Kemudian dicoba browsing, aduhh, terbuka juga si google. Kecepatan lebih cepat dibanding Telkomnet instan, namun dibilang kencang ya tidak bisa juga. Kemudian coba buka situs-situs yang lain mesti cukup sabar menunggu halaman situs terbuka penuh. Jangan dibandingkan dengan Speedy karena jauh sekali perbedaannya. Coba test kecepatan dengan speedtest.net hasilnya download 40 kbps dan upload lupa berapa tapi tidak jauh beda dengan download. Dugaan saya kecepatan Broom lambat sekali karena sinyal Indosat yang lemah sekali di sekitar rumah. Selanjutnya saya coba putus koneksikan hubungan yang terjadi malah semakin mengecewakan, susah sekali agar bisa terhubung kembali. Karena kecapekan, akhirnya saya tinggal tidur.

Kemudian paginya saya coba kembali IM2 Broom yang telah saya beli. Pagi ini pintu kamar saya buka agar bisa mendapat sinyal yang lebih baik. Dan ternyata pagi ini kegiatan browsing lumayan bisa memuaskan saya, tidak seperti tadi malam. Hal ini saya duga karena kualitas sinyal yang lebih baik dibandingkan tadi malam. Saya coba melihat kondisi handphone saya, ternyata si handphone kepanasan dan baterai cepat drop. Hal ini memang wajar, karena menjadikan handphone sebagai modem pasti si handphone akan kepanasan akibat terus-menerus mengirim dan menerima data koneksi Internet tadi, sama seperti apabila kita menelpon dalam waktu yang lama, pasti si handphone akan kepanasanan juga, dan yang pasti baterai akan cepat habis.

Sekarang mau tidak mau saya harus mencari modem 3G yang sebenarnya, agar kegiatan ber-Internet bisa terasa lebih nyaman. Kebetulan kemarin juga sudah mencari-cari modem 3G yang murah. Si Rafa sangat beruntung bisa mendapatkan modem 3G pcmcia dengan harga Rp 350.000. Sayang sekali pas saya ingin membeli dengan semangat juang menggebu-gebu ternyata sang modem telah habis. Akhirnya hanya bisa menunggu sang modem tersedia lagi. Setelah menjanjikan kepada si penjaga toko saya akan membeli 3 buah modem tersebut dan meninggalkan nomor handphone saya dengan sedih meninggalkan toko dengan berdoa semoga sang modem tersedia lagi. Sementara ini ya kembali menggunakan si 6120classic untuk menjadi teman si IM2 Broom.

12 Tanggapan to “Curhat sensasi IM2 Broom Unlimited di 6120c, kok gitu ya.”

  1. arzanulhaq Says:

    Di Ubuntu ga butuh aplikasi tambahan untuk bisa menikmati IM2 Broom ini Bro? Jadi pinginšŸ˜€

  2. ainulhizri Says:

    IM2 Broom kan waktu mau mulai terkoneksi harus di dial dulu. Untuk dial-nya di semua Linux biasanya udah terinstal wvdial. Di Ubuntu 8.10 ini semuanya jadi lebih mudah lagi. Kalau dulu agak repot harus atur konfigurasi wvdialnya, belum lagi harus pastiin dulu si modemnya sudah terdeteksi dengan baik (Nokia 6120c saya langsung terdeteksi). Di Ubuntu 8.10 untuk atur koneksi mobile broadband jadi jauh lebih gampang, karena bisa klik-klik saja. Cukup atur koneksinya di menu System>Preferences, pilih tab Mobile Broadband, terus buat koneksi baru, masukin username dan passwordnya, simpan, kemudian nanti tinggal dial aja di network applet di panel.
    Kalau untuk koneksi dengan menggunakan Telkomsel, IM3, Indosat, Axis, maupun XL, tinggal pilih saja, karena sudah disediakan oleh Ubuntu-nya.

  3. Plugie Says:

    Wah mau dong modem HSDPA pcmcia RP. 350.000.
    di mana tuh belinya kayaknya gak mungkin deh.
    Saya cari di internet paling murah sekitar RP. 1,1 juta.

    Broom unlimited tetap harus bayar tiap bulan 100 rb.
    Bagaimana yang classic ?? baca selengkapnya di
    http://www.kirimpesan.com/?p=391

  4. rowel Says:

    bro.. aku juga lagi nyobain im2 broom unlimited, juga pake hp 6120classic. lumayan lah, buwat browsing. Bener, Hp cepat panas n jadi khawatir sama kesehatan si hp. 2 hari ini ku siasatin kubikin kotak blower, trus hpnya tak taruh di atasnya ( bikin pake kardus, dalamnya tak kasih 2 blower ukuran sedang dan biasa). Setelah dicoba, ternyata efektif. Panas hilang. hp jadi adem.

    • ainulhizri Says:

      Hehe. Emang si hape bakal kepanasan karena cari sinyal, di lalu lalang data sama di cas sekaligus. Mantep juga ya cara buat hapenya supaya adem =)
      Saya lagi libur pake im2 sekarang, soalnya capek sekali cuma dapat sinyal gprs =(

  5. Gogon Says:

    Lumayan tuh mas, bisa nge browsing segala…
    HP Nokia 5100 tak manfaatin sebagai modem, terus dial up kayak instruksi. Bisa konek… Sip…
    Terus, Eng Ing Eng….. Luambat bangeeti….
    Buka situs yang server nya di Indonesia aj, nunggu-nnya minta ampun lamanya…. Capek deh….
    Kayaknya “Broom” perlu di rukyah terus ganti nama jadi “Prooouutt” aja deh….

    • ainulhizri Says:

      Memang tergantung sinyal Mas. Kalau mas dapat sinyal 3G atau 3,5G pasti lumayan kencang, teman-teman saya rata-rata bilang cepat. Kalau cuma gprs ya siap-siap aja sediain kopi sama koran, sambil ngenet juga sambil ngopi dan baca koran. hehehee

  6. Jamaluddin Fahmi Says:

    dunia emang bikin capek y..
    disaat mas ada modem 3g, sinyalnya g ada.
    sementara d tempat saya yg sinyal 3g-nya kenceng, sy blm mampu beli modem 3g
    T_T

  7. bayangan Says:

    didenpasar broom lambat sekali tiga minggu ini. padahal sinyal 3g-nya full. biat buka yahoo mail aja suangat sulit.
    kenapa ya??????????

  8. apip Says:

    Setelah saya itung-itung punya IM2 gratis tiap bulan,,,setelah saya ikutan KID..ternyata hasil dari KID lumayan lo buat bayar IM2 bulanan masih sisa..he…3x…yah itung itung mengoptimalkan IM2 ku…


Tinggalkan Balasan

