Perayaan Software Freedom Day di USU

Kemarin, tepatnya tanggal 3 Oktober 2009, beberapa kampus di Indonesia merayakan secara serentak sebuah acara yang disebut dengan Software Freedom Day (SFD), melalui klub-klub kampus bernama OSUM. Dalam beberapa hari ke depan masih akan ada beberapa klub OSUM lainnya yang akan menyelenggarakan perayaan SFD di kampus mereka. Totalnya ada sebanyak 30 klub OSUM dari berbagai kampus di Indonesia yang merayakan acara SFD di tahun 2009 in dari ujung pulau Sumatera sampai Ujung pulau Jawa. Acara ini SFD tahun 2009 ini juga dirayakan oleh beberapa instansi selain klub OSUM, seperti oleh komunitas IT, sekolah, dan sebagainya.

OSUM sendiri adalah project yang baru saja diluncurkan Sun Microsystem untuk mendorong para mahasiswa agar berpartisipasi dan berkontribusi di dalam Free and Open Source Software (FOSS). Dengan adanya klub OSUM di kampus-kampus, setiap membernya dipacu untuk meningkatkan skill dan kemampuan mereka terhadap teknologi FOSS yang akan berkembang lebih pesat lagi di masa yang akan datang.

Lalu, apakah itu Sofware Freedom Day dan apa tujuan dari acara Software Freedom Day ini?. Software Freedom Day adalah sebuah perayaan global tentang Free and Open Source Software (FOSS). Tujuan dari perayaan ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai manfaat dari penggunaan FOSS di lingkungan pendidikan, pemerintahan, bisnis, di rumah, ataupun dimana saja. Harapannya adalah, agar semua orang paham apa itu FOSS dan sadar akan kebaikan yang didapatkan dari FOSS, dan selanjutnya dapat beralih untuk menggunakan FOSS.

Kemarin, OSUM-USU ikut merayakan acara ini yang diadakan di kampus S1 Ilmu Komputer, di Jalan Universitas No 24A. Ini adalah pertama kali OSUM-USU merayakan acara SFD.

Dalam perayaan SFD di USU kemarin, diadakan dua buah sesi diskusi dan penyampaian materi Instalasi sistem operasi OpenSolaris, Ubuntu, BlankOn, dan Mandriva One dengan menggunakan VirtualBox. Kemudian dilanjutkan dengan sharing pengalaman selama menggunakan sistem operasi FOSS dan cerita tentang FOSS oleh salah satu member OSUM-USU Muhfi Asbin Sagala, yang juga merupakan pengguna aktif Linux dari komunitas MedanLinux. Sesi pertama dimulai dari jam 10:30 WIB berlangsung sangat meriah sehingga sesi baru berakhir jam 13:00 WIB, lebih lama dari waktu yang telah direncanakan. Karena ruangan yang kecil, akhirnya banyak peserta yang tidak kebagian tempat duduk dan menunggu untuk mengikuti sesi yang kedua. Para peserta sangat tertarik atas cerita yang disampaikan oleh Muhfi, dan semoga terdorong untuk migrasi menggunakan sistem operasi FOSS. “Migrasi sekarang atau tidak sama sekali !”, diucapkan Muhfi pada akhir ceritanya. Sesi pertama ditutup dengan pembagian goodies melalui quiz, dan pertanyaan terakhir menjadi sangat menegangkan dan diiringi sorakan karena goodies yang diberikan adalah Kaos. Sayang sekali jumlah kaosnya tidak  banyak.

Sesi kedua dimulai jam 14:00 WIB, namun  tidak seramai sesi pertama karena hanya dihadiri oleh beberapa peserta yang tidak bisa mengikuti sesi yang pertama. Sesi kedua ini diisi dengan diskusi dan cerita tentang FOSS oleh Ainul Hizriadi, leader OSUM-USU. Sesi kedua berakhir sekitar jam 16:00 WIB.

Selain mengadakan kedua sesi pertemuan tersebut. OSUM-USU juga membuat sebuah stand konsultasi FOSS disertai show off beberapa sistem operasi FOSS seperti Ubuntu, Mandriva One, dan OpenSolaris. Di stand ini juga, para pengunjung bisa mendapatkan bantuan instalasi sistem operasi FOSS. Alhamdulillah beberapa laptop telah berhasil diinstalkan, bahkan 3 orang dosen yang lewat juga meminta laptopnya diinstalkan. Namun banyak juga yang tidak dapat dibantu karena stand yang penuh sesak dan keterbatasan penjaga stand. Stand penuh sesak karena banyaknya peserta yang baru mendaftar pada saat acara.

Alhamdulillah secara keseluruhan acara dapat berlangsung dengan baik, walaupun pihak penyelenggara yaitu OSUM-USU menyadari masih banyak kekurangan di sana-sini. Alhamdulillah juga, feedback dari beberapa peserta ke pihak OSUM-USU sangat baik, dan meminta acara seperti ini bisa diadakan lagi.

Harapannya, semoga kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan dan lebih rutin, dengan sarana dan prasarana yang lebih baik lagi, misalnya diruangan yang lebih besar lagi dan kelengkapan acara yang lebih baik lagi. Mudah-mudahan pihak-pihak dari kampus-kampus di USU mau mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini lagi di masa yang akan datang. Amin.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah memeriahkan acara ini, para peserta, dan juga para member OSUM-USU yang telah bekerja demi berjalannya acara SFD 2009 – OSUM USU ini.

Terima kasih kepada Sun Microsystem, sponsor dan pendukung acara SFD ini, dan juga kepada Mas Alex Budiyanto (OSUM Community Manager, Campus Ambassador Coordinator, Community Development Officer Sun Microsystems Indonesia) atas bimbingan dan support-nya kepada OSUM-USU. Semoga acara ini bisa diadakan lagi tahun depan =).

Dokumentasi acara ini bisa dilihat di Dokumentasi acara ini bisa dilihat di
http://osum.sun.com/photo/albums/sfd-celebration-osum-usu
http://osum.sun.com/photo/albums/sfd-2009-osum-usu

 

 

                                                         

                                                  

 

4 Tanggapan to “Perayaan Software Freedom Day di USU”

  1. ainulhizri Says:

    What a nice celebration !!! ^^

  2. Reportase Software Freedom Day 2009 | AlexBudiyanto.Web.ID Says:

    […] Software Freedom Day 2009 di Universitas Sumatra Utara (Medan) […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: