Instalasi OpenSolaris Dual-Boot dengan W*nd*ws

Sebenarnya untuk menginstal sistem operasi OpenSolaris sangat mudah. Namun, mungkin bagian yang cukup sulit adalah bagaimana mempersiapkan partisi untuk sistem operasi OpenSolaris yang ingin diinstal tersebut. Yang perlu diingat adalah, partisi untuk sistem operasi OpenSolaris harus partisi primary.

Kita akan mempersiapkan partisi untuk OpenSolaris dari sistem operasi W*nd*ws yang telah terinstal. Untuk memudahkan pembuatan partisi, kita bisa menggunakan aplikasi seperti Partition Magic Portable ataupun Partition Magic versi Trial, dan banyak aplikasi sejenis lainnya. Dalam contoh berikut, digunakan Partition Magic Portable.

Pada gambar terlihat bahwa seluruh harddisk telah digunakan, dan untuk membuat partisi untuk OpenSolaris, maka kita harus menyediakan space baru dengan cara me-resize partisi yang sudah ada, dengan syarat partisi tersebut belum digunakan seluruhnya. Kita akan membuat partisi yang baru dengan cara me-resize partisi F sehingga akan tersedia space kosong untuk partisi baru di posisi paling kanan.

Untuk me-resize partisi F, klik kanan di posisi seperti gambar di bawah, kemudian pilih Resize/Move. Ingat, sebelum me-resize, defrag-lah terlebih dahulu partisi F tersebut untuk menyusun kembali data-data yang ada di partisi tersebut sehingga tidak akan rusak pada saat me-resize nanti !!

Maka akan muncul windows seperti dibawah. Klik dan drag tanda panah pada balok di sisi kanan ke kiri, atau bisa dengan cara mengisi kolom Free Space After dengan ukuran sekitar 7GB. Sehingga, kira-kira nanti kita akan memperoleh ukuran untuk partisi OpenSolaris sekitar 7 GB (minimal partisi untuk OpenSolaris adalah sebesar 3GB). Kemudian pilih OK.

Selanjutnya lakukan hal yang sama untuk partisi Extended (yang berwarna hijau). Klik dan drag tanda panah di sisi sebelah kanan sampai mentok ke arah kiri seperti gambar di bawah.

Maka nanti akan terlihat space kosong di posisi palang kana sebesar 7 GB. Kemudian klik kanan di bagian tersebut ataupun seperti di posisi pada gambar di bawah ini dan pilih Create.

Kemudian isi window yang muncul seperti kondisi dibawah ini. Pilih create as Primary Partition, Partition Type Unformatted, dan Drive Letter None, kemudian pilih OK.

Langkah terakhir adalah pilih Apply yang ada di posisi bawah sebelah kiri. Tunggu hingga proses selesai maka pembuatan partisi untuk OpenSolaris sudah selesai dilakukan. Kemudian tinggal melakukan proses penginstalan sistem operasi OpenSolaris dengan mem-boot CD Instalasi OpenSolaris

Setelah proses boot Live CD OpenSolaris telah selesai dan tampilan grafis desktop juga telah muncul, maka akan ada Icon Device Driver Utility yang berguna untuk mengetahui apakah semua driver telah terbaca semua atau tidak. Untuk driver-driver yang belum terbaca, setelah proses instalasi dapat ditambahkan dengan langkah-langkah yang mungkin bisa dicari di Internet.

Tahap pertama

Untuk menginstal, double-klik Icon Instal OpenSolaris , maka akan muncul window proses instalasi yang terdiri dari 7 langkah yang sangat mudah untuk dimengerti.

Tahap kedua, cari Size partisi yang telah dibuat sebelumnya dan pilih Solaris pada bagian yang di sebelah kirinya. Dalam contoh di atas adalah partisi yang dibuat sebelumnya berukuran 7,1 GB.

Tahap ketiga, pilih lokasi, dan waktu, serta jam komputer Anda.

Tahap keempat, pemilihan bahasa

Tahap kelima, isi password roor, nama user dan password user (bedakan password untuk root dan password untuk user !!)

Tahap terakhir, penjelasan dari proses-proses yang sebelumnya. Pilih Instal untuk memulai proses Intalasi. Setelah proses Instalasi selesai, maka akan muncul pilihan Reboot. Reboot komputer dan keluarkan CD Instalasi pada saat posisi OpenSolaris dalam keadaan ter-shut down.

Pada saat komputer hidup nanti, maka akan ada pilihan masuk ke sistem Operasi OpenSolaris dan ke sistem Operasi Windows. Demikianlah cara menginstal sistem operasi OpenSolaris yang telah sistem operasi W*nd*ws.

Terima kasih :

Mas Alex, Rekan-rekan OSUG-ID, OSUM-USU, dan OSUG-Medan.

Unduh pdfnya di sini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: